Cara Mengatasi Komputer Mati TIba-Tiba

Dari sekian banyak pengguna komputer di dunia, mungkin pernah mengalami komputer tiba-tiba mati atau mengalami mati total. Itu masalah yang biasa dialami oleh sebuah komputer. Banyak kemungkinan yang bisa disimpulkan. Berikut cara mengatasinya :



1. Cek Sambungan Listrik

Sebelum kalian bongkar CPU, pastikan smabungan listrik kalian stabil dan tidak ada masalah. Kerena kemungkinan akibat komputer mati adalah dari aliran listrik yang tidak stabil.

2. Bersihkan Tempat Sekitar CPU

Bukan hanya komponen komputer yang menyebabkan komputer bermasalah, debu dan kotoran di sekitar CPU juga membuat komputer menjadi kotor dan gagal menyambungkan. Lebih baik bersihkan terlebih dahulu, setelah itu coba hidupkan kembali komputer.

3. Bersihkan RAM dengan Penghapus Pensil

Jika masih belum bisa menyala, coba bongkar CPU. Sebelumnya bersihkan dulu CPU kalian dan coba ambil RAM dan bersihkan dibagian kuningan bawah RAM menggunakan penghapus pensil. Jangan sampai tersentuh tangan.

Gambar RAM

4. Cek Power Supply

Masih belum nyala juga ? Coba cek Power Supply. Power Supply sendiri adalah perangkat komputer untuk menyalurkan aliran listrik ke komponen komputer yang lain. Coba ganti dengan Power Supply yang lain, jika pakai Power Supply yang lain bisa menyala, berarti bisa disimpulan Power Supply kalian bermasalah, dan harus mengganti dengan Power Supply yang baru.

Gambar Power Supply

Kesimpulannya pusat dari komputer nyala atau tidak itu di bagian Power Supply, karena perangkat yang lain akan berjalan dengan baik jika Power Supply juga berfungsi dengan baik.

Komentar